Rabu, 03 April 2019

Buku Ajar OMPK


KONSEP MANAJEMEN

A.       PENGERTIAN DAN PRINSIP MANAJEMEN

1.        PENGERTIAN KONSEP MANAJEMEN

Menurut Muninjaya 1999, Manajemen adalah ilmu atau seni tentang bagaimana menggunakan sumber daya secara efisien, efektif, dan rasional untuk mencapai tujuan yang telah ditetepkan sebelumnya.
Menurut Mary Parker Follet, Mendifinisikan manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain (Hani.Handoko, 8). Pengertian ini mengandung arti bahwa manajer dalam mencapai tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain yang tergabung dalam organisasi. Pengaturan orang lain yang dilakukan manajer satu dan manajer lain tentunya berbeda, dan perbedaan pengaturan  ini membutuhkan kemampuan dan ketrampilan tersendiri.yang merupakan seni manajemen.

Menurut Harold Koontz dan Cyriil O’ donnel, Mendifinisikan manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, penggorganisasian, penggerakan dan pengendalian. (Amirullah, h 7)

Menurut R Terry, Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri dari tindakan- tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilakukan uituk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar