Senin, 18 Maret 2019

Buku Ajar ASKEB II (Persalinan)



A.                 PENGERTIAN PERSALINAN
Persalinan adalah suatuproses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup dari dalam uterus ke dunialuar.

Persalinan adalah suatu proses fisiologis yang memungkinkan serangkaian perubahan yang besar pada ibu untuk dapat melahirkan janinnya melaui jalan lahir.


Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37 – 42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam 18 jam, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun pada janin.

Pengertian persalinan menurut cara persalinan:
a.                  Persalinan biasa (normal) atau yang disebut juga persalinan spontan, adalah proses lahirnya bayi pada LBK dengan tenaga ibu sendiri, tanpa bantuan alat-alat serta tidak melukai ibu dan bayi yang umumnya berlangsung kurang dari 24 jam.
b.                 Persalinan luar biasa (abnormal/buatan) ialah persalinan pervaginam dengan menggunakan bantuan alat-alat (misalkan ekstraksi dengan forcep atau vacum) atau melalui dinding perut dengan operasi caesarea
c.                  Persalinan anjuran ialah persalinan tidak dimulai dengan sendirinya tetapi baru berlangsung setelah dilakukan perangsangan misalnya dengan pemecahan ketuban dan pemberian prostaglandin.

Menurut tuanya (umur) kehamilan persalinan dibagi atas:
a.        Abortus (keguguran)
b.        Partus Prematurus
c.        Partus Maturus atau aterm (cukup bulan)
d.        Partus Postmaturus (serotinus)


B.                  Tujuan Asuhan Persalinan


Memberikan asuhan yang memadai selama persalinan dalam upaya mencapai pertolongan persalinan yang bersih dan aman, dengan memperhatikan aspek sayang ibu dan sayang bayi.

Silahkan unduh  disini 

0 komentar:

Posting Komentar