Selasa, 02 April 2019

Pengabmas Penanganan Disminore



Pada umumnya wanita merasakan keluhan berupa  nyeri atau kram perut menjelang haid yang dapat berlangsung hingga 2-3 hari, dimulai sehari sebelum haid. Nyeri perut saat ini (disminore) yang dirasakan setiap wanita berbeda-beda, ada yang sedikit terganggu namun ada pula yang sangat terganggu hingga tidak dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dan membuatnya hrus istirahat bahkan terpaksa absen dari sekolah/pekerjaan. Disminore didefinisikan sebagai nyeri uterus yang bersifat siklik yang terjadi sebelum atau sesudah selama menstruasi (Andriyani, 2013).

Sekitar 1 miliar manusia atau setiap 1 di atara 6 penduduk di dunia adalah remaja. Sebanyak 85% di antaranya hidup di Negara Berkembang (Kusmiran, 2014). Berdasarkan criteria WHO umur remaja berkisar antara 10-19 tahun. Angka kejaidan nyeri menstruasi di dunia cukup besar, rata-rata lebih daro 50% perempuan disetiap negara mengalami menstruasi. Di Amerika angka presentasinya sekitar 60%, di Swedia sekitar 72%, sementara di Indonesi sendiri mencapai 55%. Berdasarkan penelitian yang dilakukan wong dan khoo di Malaysia ditemukan sebanyak 74,5% dari gadis-gadis yang telah mencapai menarche mengalami disminore. Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Kumbhar et al di India dari 183 remaja usia 14-19 tahun ditemukan sebanyak 119 atau 65% remaja mengalami disminore.
Di Indonesia angka kejadian disminore tipe primer adalah sekitar 54,89% sedangkan sisanya pendertia disminore sekunder. Disminore terjadi pada remaja dengan prevelensi berkisar antara 43% hingga 93% dimana sekitar 74-80% remaja mengalami disminore ringan, sementara angka kejadian endometriosis pada remaja dengan nyeri panggul diperkirakan 25-38%. Sedangkan pada remaja yang tidak memberikan respon positif terhadap penangan untuk nyeri haid ditemukan 67% kasus (hestiantoro, dkk, 2015).

0 komentar:

Posting Komentar